Panduan Menggunakan Kamera Analog Bagi Pemula

Kamera analog sedang digemari anak muda sekarang. Mereka merasa bahwa hasil kamera analog mempunyai keunikan. Ada rasa spesial saat mengginakan kamera analog. Jika anda ingin mencoba memotret dengan film, kalian harus tahu penggunaanya. Artikel ini akan membahas panduan menggunakan kamera analog.

Belajar Kamera Analog

Anda wajib tahu informasi kamera analog. Ketahuilah bahwa penggunaan kamera analog berbeda dengan digital. Ketidak tahuan bisa membawa malapetaka. Berikut adalah daftar cara menggunakan kamera analog.

1. Pastikan Ada Tempat Cuci Film

Di saat yang lain mengatakan bahwa memahami kamera analog berada di urutan pertama, kok disini malah yang lain? Kamera analog sangat tidak berguna tanpa tempat cuci. Anda tidak bisa melihat hasil dari kamera analog. Seperti yang kita tahu, film harus dicuci agar bisa dilihat.

Baca juga : Tempat Cuci Film Analog di Surabaya

Tentu ini bukan masalah serius, jika anda mau belajar lebih banyak. Anda bisa mencuci film sendiri. Sudah banyak tutorial cuci film analog di internet. Saya sarankan anda belajar dengan yang sudah jago, untuk menghindari kesalahan.

2. Pelajari Kamera Analog

Kamera analog tidak sama dengan digital. Ada bagian yang mungkin tidak disukai. Pokoknya main kamera analog harus mau susah. Kamu wajib mempelajari penggunaan kamera analog. Silahkan cari di Google atau Youtube jika ingin lebih jelas

Kamera analog biasanya memakai baterai AA. Sebagian juga menggunakan baterai lain. Jika anda seorang pemula, lebih baik gunakan kamera dengan batetai AA. Selain harganya murah, jenis baterai ini mudah dijangkau.

3. Beli Film Analog

Kamera analog tidak memakai memori. Anda wajib membeli film analog agar bisa dipakai. Film analog mempunyai frame beragam, ada yang 8, 24, dan 36.

Film analog dapat dibeli di tempat developing. Harga film paling murah berkisar 60.000 ( Surabaya ). Saya menyarankan film Kodak Colorplus. Film ini murah dan berkualitas bagus.